RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 14 Mataram
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam)
Kelas /Semester : VIII / II (Genap)
Tahun
Pelajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman Makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.2. Mengklasifikasikan Makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang
dimiliki.
Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran (4 x
Pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
1.
Menjelaskan pengertian dan tujuan Pengklasifikasian
Makhluk hidup.
2.
Menuliskan urutan tingkat takson dari yang
tertinggai sampai yang terendah.
3.
Menjelaskan aturan penulisan tata nama ilmiah
berdasarkan sistem binomial nomenklatur beserta contoh penulisan spesies yang
benar.
4.
Menyebutkan sistem klasifikasi lima kingdom.
5.
Menjelaskan ciri- ciri umum dari masing- masing
klasifikasi 5 kingdom.
6.
Mengelompokkan contoh kingdom Monera, Protista,
Fungi, Plantae, dan Animalia dengan ciri masing- masing.
- Materi Pembelajaran
Klasifikasi Makhluk Hidup atau Pengelompokan
Makhluk Hidup.
- Metode dan Model Pembelajaran
Ø Metode : Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab,
Penugasan, Diskusi, Pengamatan.
Ø Model : Cooperatif Learning (CL).
- Langkah Pembelajaran
a. Pertemuan Pertama
·
Kegiatan Awal (15 menit)
1.
Apersepsi
-
Guru memeriksa kelas dan kesiapan
siswa untuk mengikuti proses
pembelajaran.
-
Guru mengabsen siswa yang
hadir.
2.
Motivasi
Apa yang kalian ketahui mengenai klasifikasi ?
3.
Prasyarat Pengetahuan
Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang klasifikasi
makhluk hidup disebut ?
·
Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Guru menjelaskan tentang
klasifikasi makhluk hidup dan penulisan tata nama ilmiah makhluk hidup.
2.
Memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk bertanya dan mencatat poin-poin penting.
3.
Guru menugaskan peserta didik
untuk mengerjakan soal- soal latihan tentang materi yang telah diberiakan.
4.
Peserta didik mengumpulkan
hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasil yang benar.
5.
Membimbing siswa menyimpulkan
materi pembelajaran.
·
Kegiatan Penutup (15 menit)
1.
Guru membuat rangkuman hasil
belajar.
2.
Melakukan repleksi mengenai
kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
3.
Guru mengakhiri pembelajaran.
b. Pertemuan Kedua
·
Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Apersepsi
-
Guru memeriksa kelas dan
kesiapan siswa untuk mengikuti proses
pembelajaran.
-
Guru mengabsen siswa yang
hadir.
2.
Motivasi
Atas dasar apakah seorang ilmuan R. H Wittaker
mengklasifikasikan menjadi 5 kingdom ?
3.
Prasyarat Pengetahuan
Terdiri dari apa sajakah klasifikasi 5 kingdom ?
·
Kegiatan Inti (60 menit)
1. Guru menjelaskan ringkasan materi mengenai system klasifikasi 3 kingdom.
2. Guru menugaskan peserta didik untuk mencatat hal- hal penting
mengenai materi system klasifikasi 3 kingdom.
3. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
4. Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
·
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Melakukan repleksi mengenai
kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
2.
Guru mengakhiri pembelajaran.
c. Pertemuan Ketiga
·
Kegiatan Awal (15 menit)
1.
Apersepsi
-
Guru memeriksa kelas dan kesiapan
siswa untuk mengikuti proses
pembelajaran.
-
Guru mengabsen siswa yang
hadir.
2.
Motivasi
Apa saja ciri- ciri tumbuhan yang kalian ketahui ?
3.
Prasyarat Pengetahuan
Apakah perbedaan anatara tumbuhan dengan hewan ?
·
Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Guru menjelaskan ringkasan
materi mengenai kingdom Plantae dan kingdom Animalia.
2.
Guru menugaskan peserta didik
untuk mencatat hal- hal penting sesuai dengan materi yang di jelaskan guru.
3.
Memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk bertanya.
4.
Guru menugaskan peserta didik
untuk mengerjakan soal- soal latihan tentang materi yang telah diberikan.
5.
Peserta didik mengumpulkan
hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasil yang benar.
·
Kegiatan Penutup (15 menit)
1.
Melakukan repleksi mengenai
kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
2.
Guru memberikan tugas lanjutan
/PR.
3.
Guru mengakhiri pembelajaran.
d. Pertemuan Keempat
·
Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Apersepsi
-
Guru memeriksa Tugas rumah
peserta didik.
2.
Motivasi
Apa yang kalian ketahui tentang tumbuhan berbiji ?
3.
Prasyarat Pengetahuan
Dibagi menjadi berapa kelompok tumbuhan berbiji ?
·
Kegiatan Inti (60 menit)
1.
Guru meminta semua murid untuk
belajar di halaman sekolah.
2.
Guru menugaskan peserta didik
untuk melakukan pengamatan mengenai tumbuhan berbiji yang ada disekitas
sekolah.
3.
Peserta didik menuliskan hasil
pengamatannya.
4.
Peserta didik mengumpulkan
hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasilnya.
·
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Melakukan repleksi mengenai
kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
4.
Guru mengabsen kehadiran siswa
selama proses belajar di luar kelas.
5.
Guru mengakhiri pembelajaran.
- Sumber Belajar
1.
Buku paket IPA Terpadu Kelas VII
2.
Buku LKS Siswa Kelas VII
3.
Lingkungan
- Penilaian
1)
Teknik Penilaian
-
Tes Tertulis
-
Penugasan
2)
Bentuk Instrumen
-
Uraian
-
Isian
-
Pengamatan/ Observasi
3)
Contoh Instrumen
-
Uraian
Sebutkan
lima kingdom menurut Whittaker !
Kunci : Kingdom Monera, Kingdom Protista, Kingdom
Fungi, Kingdom Plantae, dan Kingdom Animalia.
Skor : 5
-
Isian
Nama ilmiah pisang adalah Musa paradisiacal.
Kata “Musa” menunjukkan nama…..?
Kunci : Genus
Skor : 1
-
Pilihan Ganda
Ilmu
yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut….?
Kunci : Taksonomi
Skor : 1
-
Tes uji petik kerja prosedur (terlampir) dalam LKS
-
Format Observasi
Aktivitas Siswa
No.
|
Nama
Siswa
|
Aktivitas Siswa dalam Belajar
|
||||||||||||
Aktivitas Verbal
|
Aktivitas Mental
|
Aktivitas Emosi
|
Jumlah Skor
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
Jumlah
|
||||||||||||||
Persentase
|
Keterangan :
1. Jika tidak dilakukan oleh siswa maka mendapat skor 1
2. Jika dilakukan
oleh siswa maka mendapat skor 2
Aktivitas
Verbal Aktivitas
Mental Aktivitas
Emosi
1. Bertanya 1. Menanggapi 1. Berani
2. Berpendapat 2. Menerima saran 2. Bersemangat
3. Memberi
saran 3. Mengingat 3. Tidak gugup
4. Menyanggah 4. Menjawab pertanyaan 4. Santun
Rumus Interprestasi Skor :
A = jika skor 76 – 100
B = jika skor 51 – 75
C = jika skor 26 – 50
D = jika skor 10 – 26
Mataram, Februari 2012
Mengetahui :
Guru Pamong Guru PPL IPA
(Ridha Yohaeni, S. Si)
(Nurlaili Sa’adah)
NIP. 197405112007012015 NIM. 151085037
Mengetahui
:
Kepala
SMPN 14 Mataram Dosen
Pembimbing Lapangan
(Syahtum, S. Si.)
(M. Zulpiani Hamdi, M. Pd.)
NIP. 195412311977112005 NIP.
19700325200003001
tatacoa titanium headers - Titanium Art
BalasHapusTATACO NOODLE · blue titanium TATACO NOODLE · TATACO NOODLE · TACO NOODLE · TACO NOODLE · TACO NOODLE · titanium quartz TACO NOODLE titanium bolt · TACO NOODLE · TACO NOODLE titanium white fennec · titanium sia TACO NOODLE · TACO NOODLE