Senin, 05 Maret 2012

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                        Nama Sekolah         : SMPN 14 Mataram

                                        Mata Pelajaran        : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

                                        Kelas  /Semester     : VIII / II (Genap)  

                                        Tahun Pelajaran      : 2011/2012    
Standar Kompetensi             : 6. Memahami keanekaragaman Makhluk hidup.
Kompetensi Dasar                 : 6.2. Mengklasifikasikan Makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
Alokasi Waktu                       : 10 Jam Pelajaran (4 x Pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.         Menjelaskan pengertian dan tujuan Pengklasifikasian Makhluk hidup.
2.         Menuliskan urutan tingkat takson dari yang tertinggai sampai yang terendah.
3.         Menjelaskan aturan penulisan tata nama ilmiah berdasarkan sistem binomial nomenklatur beserta contoh penulisan spesies yang benar.
4.         Menyebutkan sistem klasifikasi lima kingdom.
5.         Menjelaskan ciri- ciri umum dari masing- masing klasifikasi 5 kingdom.
6.         Mengelompokkan contoh kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia dengan ciri masing- masing.

  1. Materi Pembelajaran
Klasifikasi Makhluk Hidup atau Pengelompokan Makhluk Hidup.


  1. Metode dan Model Pembelajaran
Ø  Metode     : Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi, Pengamatan.
Ø  Model       : Cooperatif Learning (CL).

  1. Langkah Pembelajaran
a.      Pertemuan Pertama
·         Kegiatan Awal (15 menit)
1.      Apersepsi
-          Guru memeriksa kelas dan kesiapan siswa untuk mengikuti     proses pembelajaran.
-          Guru mengabsen siswa yang hadir.
2.      Motivasi
Apa yang kalian ketahui mengenai klasifikasi ?
3.      Prasyarat Pengetahuan
Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup disebut ?

·         Kegiatan Inti (90 menit)
1.    Guru menjelaskan tentang klasifikasi makhluk hidup dan penulisan tata nama ilmiah makhluk hidup.
2.    Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya dan mencatat poin-poin penting.
3.    Guru menugaskan peserta didik untuk mengerjakan soal- soal latihan tentang materi yang telah diberiakan.
4.    Peserta didik mengumpulkan hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasil yang benar.
5.    Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Kegiatan Penutup      (15 menit)
1.         Guru membuat rangkuman hasil belajar.
2.         Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
3.         Guru mengakhiri pembelajaran.

b.      Pertemuan Kedua
·         Kegiatan Awal  (10 menit)
1.      Apersepsi
-          Guru memeriksa kelas dan kesiapan siswa untuk mengikuti     proses pembelajaran.
-          Guru mengabsen siswa yang hadir.
2.      Motivasi
Atas dasar apakah seorang ilmuan R. H Wittaker mengklasifikasikan menjadi 5 kingdom ?
3.      Prasyarat Pengetahuan
Terdiri dari apa sajakah klasifikasi 5 kingdom ?

·         Kegiatan Inti   (60 menit)
1.      Guru menjelaskan ringkasan materi mengenai system klasifikasi 3 kingdom.
2.      Guru menugaskan peserta didik untuk mencatat hal- hal penting mengenai materi system klasifikasi 3 kingdom.
3.      Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
4.      Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran.



·         Kegiatan Penutup      (10 menit)
1.         Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
2.         Guru mengakhiri pembelajaran.

c.       Pertemuan Ketiga
·         Kegiatan Awal (15 menit)
1.      Apersepsi
-          Guru memeriksa kelas dan kesiapan siswa untuk mengikuti     proses pembelajaran.
-          Guru mengabsen siswa yang hadir.
2.      Motivasi
Apa saja ciri- ciri tumbuhan yang kalian ketahui ?
3.      Prasyarat Pengetahuan
Apakah perbedaan anatara tumbuhan dengan hewan ?

·         Kegiatan Inti   (90 menit)
1.      Guru menjelaskan ringkasan materi mengenai kingdom Plantae dan kingdom Animalia.
2.      Guru menugaskan peserta didik untuk mencatat hal- hal penting sesuai dengan materi yang di jelaskan guru.
3.      Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
4.      Guru menugaskan peserta didik untuk mengerjakan soal- soal latihan tentang materi yang telah diberikan.
5.      Peserta didik mengumpulkan hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasil yang benar.


·         Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
2.      Guru memberikan tugas lanjutan /PR.
3.      Guru mengakhiri pembelajaran.

d.      Pertemuan Keempat
·         Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Apersepsi
-          Guru memeriksa Tugas rumah peserta didik.

2.      Motivasi
Apa yang kalian ketahui tentang tumbuhan berbiji ?
3.      Prasyarat Pengetahuan
Dibagi menjadi berapa kelompok tumbuhan berbiji ?

·         Kegiatan Inti (60 menit)
1.      Guru meminta semua murid untuk belajar di halaman sekolah.
2.      Guru menugaskan peserta didik untuk melakukan pengamatan mengenai tumbuhan berbiji yang ada disekitas sekolah.
3.      Peserta didik menuliskan hasil pengamatannya.
4.      Peserta didik mengumpulkan hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasilnya.

·         Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan.
4.         Guru mengabsen kehadiran siswa selama proses belajar di luar kelas.
5.         Guru mengakhiri pembelajaran.

  1. Sumber Belajar
1.         Buku paket IPA Terpadu Kelas VII
2.         Buku LKS Siswa Kelas VII
3.         Lingkungan

  1. Penilaian
1)      Teknik Penilaian
-          Tes Tertulis
-          Penugasan
2)      Bentuk Instrumen
-          Uraian
-          Isian
-          Pengamatan/ Observasi
3)      Contoh Instrumen
-          Uraian
Sebutkan lima kingdom menurut Whittaker !
Kunci  : Kingdom Monera, Kingdom Protista, Kingdom Fungi, Kingdom Plantae, dan Kingdom Animalia.
Skor     : 5
-          Isian
Nama ilmiah pisang adalah Musa paradisiacal. Kata “Musa” menunjukkan nama…..?
Kunci  : Genus
Skor     : 1

-          Pilihan Ganda
Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut….?
Kunci  : Taksonomi
Skor     : 1
-          Tes uji petik kerja prosedur (terlampir) dalam LKS
-          Format Observasi Aktivitas Siswa

No.
Nama
Siswa
Aktivitas Siswa dalam Belajar
Aktivitas Verbal
Aktivitas Mental
Aktivitas Emosi
Jumlah Skor
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1.














2.














3.















Jumlah














Persentase














      Keterangan : 1. Jika tidak dilakukan oleh siswa maka mendapat skor 1
                            2. Jika dilakukan oleh siswa maka mendapat skor 2
      Aktivitas Verbal                    Aktivitas Mental                      Aktivitas Emosi
      1. Bertanya                           1. Menanggapi                         1. Berani
      2. Berpendapat                     2. Menerima saran                   2. Bersemangat
      3. Memberi saran                  3. Mengingat                            3. Tidak gugup
      4. Menyanggah                     4. Menjawab pertanyaan          4. Santun
                                                     
         Rumus Interprestasi Skor :
         A = jika skor 76 – 100
         B = jika skor 51 – 75
         C = jika skor 26 – 50
         D = jika skor 10 – 26
                                                                                     Mataram,        Februari 2012
    Mengetahui :
    Guru Pamong                                                           Guru PPL IPA


 (Ridha Yohaeni, S. Si)                                          (Nurlaili Sa’adah)
NIP. 197405112007012015                                                NIM. 151085037


                                             Mengetahui :

Kepala SMPN 14 Mataram                                      Dosen Pembimbing Lapangan           


(Syahtum, S. Si.)                                                    (M. Zulpiani Hamdi, M. Pd.)                                  
NIP. 195412311977112005                                                NIP. 19700325200003001


ORGANISASI KEHIDUPAN RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMPN 14 Mataram Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas /Semester : VIII / II (Genap) Tahun Pelajaran : 2011/2012 Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman Makhluk hidup. Kompetensi Dasar : 6.3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel samapai organisme. Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran (2 x Pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : 1. Membedakan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan pengamatan. 2. Menjelaskan fungsi dari masing- masing organel sel. 3. Menyebutkan macam-macam jaringan pada hewan dan manusia dengan fungsinya masing- masing. 4. Menyebutkan macam-macam jaringan pada tumbuhan dengan fungsinya masing-masing. 5. Menyebutkan macam-macam organ pada hewan dan manusia dengan fungsinya masing-masing. 6. Menyebutkan macam-macam organ pada tumbuhan dengan fungsinya masing-masing. 7. Menyebutkan macam-macam sistem organ pada hewan, manusia, dan tumbuhan beserta organ-organ penyusunya. 8. Menjelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ penyusun tubuh. B. Materi Pembelajaran Organisasi Kehidupan : Sel  jaringan  organ  sistem organ  organisme. C. Metode dan Model Pembelajaran  Metode : Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi, Pengamatan.  Model : Cooperatif Learning (CL). D. Langkah Pembelajaran a. Pertemuan Pertama • Kegiatan Awal (15 menit) 1. Apersepsi - Guru memeriksa kelas dan kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. - Guru mengabsen siswa yang hadir. 2. Motivasi Apa yang kalian ketahui mengenai sel ? 3. Prasyarat Pengetahuan Apa yang dimaksud dengan uniseluler dan multiseluler ? • Kegiatan Inti (90 menit) 1. Guru menjelaskan tentang pengertian sel, organel- organel sel, perbedaan sel hewan dan tumbuhan, serta jaringan pada hewan dan tumbuhan. 2. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya dan mencatat poin-poin penting. 3. Guru menugaskan peserta didik untuk mengerjakan soal- soal latihan tentang materi yang telah diberiakan. 4. Peserta didik mengumpulkan hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasil yang benar. 5. Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran. • Kegiatan Penutup (15 menit) 1. Guru membuat rangkuman hasil belajar. 2. Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan. 3. Guru mengakhiri pembelajaran. b. Pertemuan Kedua • Kegiatan Awal (10 menit) 1. Apersepsi - Guru memeriksa kelas dan kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. - Guru mengabsen siswa yang hadir. 2. Motivasi Sebutkan urutan organisasi kehidupan dari yang terkecil sampai yang terbesar ! 3. Prasyarat Pengetahuan Apa saja perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan ? • Kegiatan Inti (60 menit) 1. Guru menjelaskan ringkasan materi mengenai organ, system organ, dan organism baik itu pada hewan maupun pada tumbuhan. 2. Guru menugaskan peserta didik untuk mencatat hal- hal penting mengenai materi system klasifikasi 3 kingdom. 3. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya. 4. Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran. • Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan. 2. Guru mengakhiri pembelajaran. E. Sumber Belajar 1. Buku paket IPA Terpadu Kelas VII 2. Buku LKS Siswa Kelas VII F. Penilaian 1) Teknik Penilaian - Tes Tertulis - Penugasan 2) Bentuk Instrumen - Uraian - Isian - Pengamatan/ Observasi 3) Contoh Instrumen - Uraian 1. Sebutkan urutan organisasi kehidupan mulai dari yang terkecil ! Kunci : Sel  jaringan  organ  sistem organ  organisme. Skor : 10 - Isian 1. Ginjal berperan dalam sistem…..? Kunci : Ekskresi Skor : 2 - Pilihan Ganda 1. Ilmuan pertama yang melihat sel-sel menggunakan mikroskop adalah….? Kunci : Robert Hooke Skor : 1 - Tes uji petik kerja prosedur (terlampir) dalam LKS, hal : 34 – 35 Instrumen : Melakukan pengamatan terhadap perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, kemudian menggambarkan hasil pengamatan disertakan bagian-bagian dari sel. Rubrik Penilaian : NO Aspek Skor 1. Melakukan kegiatan sesuai prosedur 20 2. Menentukan ciri-ciri dengan tepat 30 3. Memperoleh data dari kegiatan 25 4. Membuat kesimpulan 25 Jumlah Skor 100 Mataram, Maret 2012 Mengetahui : Guru Pamong Guru PPL IPA (Ridha Yohaeni, S. Si) (Nurlaili Sa’adah) NIP. 197405112007012015 NIM. 151085037 Mengetahui : Kepala SMPN 14 Mataram Dosen Pembimbing Lapangan (Syahtum, S. Si.) (M. Zulpiani Hamdi, M. Pd.) NIP. 195412311977112005 NIP. 19700325200003001 PERAN DAN INTERAKSI KOMPONEN-KOMPONEN EKOSISTEM RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMPN 14 Mataram Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas /Semester : VIII / II (Genap) Tahun Pelajaran : 2011/2012 Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem. Kompetensi Dasar : 7.1. Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem. Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran (2 x Pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : 1. Mengidentifikasikan satuan- satuan dalam ekosistem. 2. Menjelaskan komponen- komponen penyusun ekosistem. 3. Menyebutkan macam- macam ekosistem. 4. Menjelaskan interaksi antar komponen ekosistem. 5. Menjelaskan pola interaksi organisme. B. Materi Pembelajaran Peran dan Interaksi Komponen- Komponen Ekosistem. C. Metode dan Model Pembelajaran  Metode : Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi, Pengamatan.  Model : Cooperatif Learning (CL). D. Langkah Pembelajaran a. Pertemuan Pertama • Kegiatan Awal (15 menit) 1. Apersepsi - Guru memeriksa kelas dan kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. - Guru mengabsen siswa yang hadir. 2. Motivasi Apa yang kalian ketahui mengenai ekosistem ? 3. Prasyarat Pengetahuan Apa ciri- ciri makhluk hidup ? • Kegiatan Inti (90 menit) 1. Guru menjelaskan tentang pengertian ekosistem dan satuan-satuan makhluk hidup dalam ekosistem, komponen-komponen ekosistem, dan macam-macam ekosistem. 2. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya dan mencatat poin-poin penting. 3. Guru menugaskan peserta didik untuk mengerjakan soal- soal latihan tentang materi yang telah diberiakan. 4. Peserta didik mengumpulkan hasilnya kepada guru dan mendiskusikan hasil yang benar. 5. Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran. • Kegiatan Penutup (15 menit) 1. Guru membuat rangkuman hasil belajar. 2. Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan. 3. Guru mengakhiri pembelajaran. b. Pertemuan Kedua • Kegiatan Awal (10 menit) 1. Apersepsi - Guru memeriksa kelas dan kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. - Guru mengabsen siswa yang hadir. 2. Motivasi Apa yang dimaksud dengan biotik dan abiotik ? 3. Prasyarat Pengetahuan Apakah yang dimaksud dengan rantai makanan ? • Kegiatan Inti (60 menit) 1. Guru menjelaskan ringkasan materi mengenai interaksi antar komponen ekosistem biotik dengan biotik, komponen abiotik, dan komponen biotik (Rantai makanan, jarring-jaring makanan, piramida makanan, dan aliran energy), dan menjelaskan mengenai pola interaksi organisme. 2. Guru menugaskan peserta didik untuk mencatat hal- hal penting mengenai materi yang sudah dijelaskan. 3. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya. 4. Membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran. • Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Melakukan repleksi mengenai kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran yang sudah di lakukan. 2. Guru mengakhiri pembelajaran. E. Sumber Belajar 1. Buku paket IPA Terpadu Kelas VII 2. Buku LKS Siswa Kelas VII F. Penilaian 1) Teknik Penilaian - Tes Tertulis - Penugasan 2) Bentuk Instrumen - Uraian - Isian - Pengamatan/ Observasi 3) Contoh Instrumen - Uraian 1. Sebutkan dan jelaskan satuan-satuan dalam ekosistem ! Kunci : Individu  Populasi  Komunitas  Ekosistem  Biosfer. Skor : 10 - Isian 1. Kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan akan membentuk…..? Kunci : Jaring-jaring makanan Skor : 2 - Pilihan Ganda 1. Satuan terkecil dalam satuan ekosistem adalah….. Kunci : Individu. Skor : 1 Mataram, Maret 2012 Mengetahui : Guru Pamong Guru PPL IPA (Ridha Yohaeni, S. Si) (Nurlaili Sa’adah) NIP. 197405112007012015 NIM. 151085037 Mengetahui : Kepala SMPN 14 Mataram Dosen Pembimbing Lapangan (Syahtum, S. Si.) (M. Zulpiani Hamdi, M. Pd.) NIP. 195412311977112005 NIP. 19700325200003001

1 komentar:

  1. tatacoa titanium headers - Titanium Art
    TATACO NOODLE · blue titanium TATACO NOODLE · TATACO NOODLE · TACO NOODLE · TACO NOODLE · TACO NOODLE · titanium quartz TACO NOODLE titanium bolt · TACO NOODLE · TACO NOODLE titanium white fennec · titanium sia TACO NOODLE · TACO NOODLE

    BalasHapus